Seperti halnya Pemanasan global saat ini. Semua itu tidak akan pernah terjadi bila manusianya peduli akan lingkungan. Dalam hal ini kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, karena semua itu tanggung jawab kita yang menghuni bumi yang penuh hasil alam ini. Padahal pemanasan global itu sangat berpengaruh terhadap masa depan para penerus kita. Coba saja bayangkan, saat ini hanya ada berapa hutan di Indonesia. Dulunya tidak dapat dihitung tapi sekarang begitu mudah untuk menghitungnya. Hewan-Hewan langka yang terlindungi kini hampir musnah karena ulah kita. Padahal kalau dipikir ulang hewan dan tumbuhan itu sangat kita butuhkan.

Kalau sekarang semua itu hampir punah bagaimana dengan generasi penerus kita. Apakah mereka dapat menikmati apa yang kita nikmati selama hidup kita.
Seandainya saja para pemuda yang berjiwa semangat lebih ketimbang yang tua mau peduli akan pentingnya warna hijau di bumi kita yang kaya. Mungkin tidak ada yang namanya kekeringan, kelaparan , busung lapar,dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengerikan sekali  sekarang keadaan bumi kita. Mungkin kalau Ia (bumi) bisa menangis maka ia (bumi)  akan mengadu pada sang pencipta, kenapa ia (bumi)  ditakdirkan untuk diabaikan oleh penghuninya.
Semoga dengan generasi baru yang lebih berakhlaq dan berpendidikan  bumi kita akan tersenyum dan menmunculkan warna merah yang dulu hitam kering.